Cara Menghitung BEP Bisnis dan Mengapa Hal Ini Penting

Sudah tau apa itu BEP dan bagaimana cara menghitung BEP untuk bisnis? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Apakah Anda seorang pelaku bisnis? Ingin menghitung secara rinci berapa tahun sebuah perusahaan mampu memberikan keuntungan? Atau Anda adalah pengusaha yang hanya ingin tahu kepastian dalam mengalami balik modal?

Jika ya, maka Anda harus tau apa itu break-even point (BEP). BEP sendiri adalah sebuah titik balik di mana pendapatan dan modal dari sebuah usaha yang dikeluarkan mencapai hasil yang sama. Artinya, posisi BEP Anda tidak ada kerugian sama sekali atau dapat disebut pula telah balik modal. Itulah mengapa penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara menghitung BEP bisnis untuk memastikan kondisi laba rugi dari bisnis yang dijalankan.

Cara Menghitung BEP untuk Pelaku Usaha Kecil Menengah

Sebelum masuk pada bagaimana cara melakukan perhitungan pada BEP, perlu dipahami terlebih dahulu komponen yang dibutuhkan dalam perhitungan BEP. Di antaranya adalah biaya tetap, biaya variabel, harga jual dan pendapatan. Selain itu, ada pula titik impas yang terdiri dari BEP unit dan BEP rupiah. Anda juga harus memahami terkait margin kontribusi unit dan rasio margin kontribusi. Setelah itu barulah menghitung BEP yang dibutuhkan.

Untuk rumus dan penjelasan lengkapnya, simak di bawah ini.

1. Menghitung BEP dalam Unit

Rumus pertama untuk mengetahui berapa jumlah barang atau jasa dalam bentuk unit yang harus diproduksi sehingga mencapai BEP sesuai persamaan yaitu:

BEP satuan unit = total fixed cost / (harga jual per unit - variable cost)

Sedangkan untuk menghitung BEP Margin Kontribusi:

BEP margin kontribusi = fixed cost / margin kontribusi unit atau fixed cost / harga jual minus variable cost

2. Menghitung BEP dalam Rupiah

Rumus yang digunakan untuk mengetahui atau menemukan nilai penjualan yang diterima untuk mencapai titik balik impas didasarkan metode persamaan. Total fixed cost dibagi dengan 1- variable cost satuan unit per harga jual satuan unit. Atau bisa menggunakan (fixed cost per harga jual satuan unit dikurangi variable cost dikalikan harga jual tiap unit. Sedangkan untuk menentukan penjualan yang diterima berdasarkan metode margin kontribusi adalah fixed cost dibagi rasio margin kontribusi.

3. Hitung BEP Dalam Produksi

Rumus untuk menghitung BEP dalam produksi barang atau jasa terdapat beberapa cara. Di antaranya adalah satuan unit adalah fixed cost dibagi harga jual tiap unit dikurangi variable cost tiap unit. Untuk satuan rupiah adalah fixed cost dibagi 1 - variabel cost per harga jual. Contohnya sebuah perusahaan kelengkapan rumah memiliki biaya sebesar 150 juta. Biaya variabel per unit 75 ribu dan harga jual per unit 125 ribu. Maka BEP per unitnya adalah 150/50 = 3 ribu unit. Sedangkan untuk penjualannya adalah 150 / (1-75/125) = 150/0,4 = 375 ribu. Jadi perusahaan tersebut membuat 3 ribu unit dengan pendapatan 375 ribu untuk dapat mencapai BEP.

4. BEP dalam Usaha Kecil

Seperti halnya perhitungan sebelumnya, rumus-rumus tersebut dapat Anda jadikan sebagai acuan menghitung BEP untuk usaha kecil sehingga berguna sebagai hitungan memaksimalkan perolehan untung usaha kecil tersebut. Dalam hal ini yang dibutuhkan adalah kecermatan hitungan, akurasi kebutuhan dan daya jual. Apabila tiga faktor tersebut digunakan secara tepat dan akurat maka perolehan impas atau keuntungan balik modal akan terlihat dan mudah dicapai

Manfaat Menghitung BEP untuk Pelaku Usaha Kecil Menengah

1. Mengetahui jumlah minimal penjualan dan keuntungan yang harus dipertahankan

Jika Anda membuka usaha tentunya produksi barang terus dihitung tiap hari atau perbulannya. Begitu pula dengan target penjualan untuk mencapai keuntungan tertentu. Melalui BEP pastinya lebih mudah mengetahui titik balik biaya penjualan dan perolehan keuntungan yang dapat dihitung secara lebih rinci.

2. Mengetahui jumlah penjualan untuk menghindari kerugian

Terkadang dalam sebuah bisnis kita mengalami pasang surut, tergantung iklim daya beli dari konsumen dan upaya kita menarik minat mereka. Nah melalui BEP ini Anda bisa menghitung berapa jumlah penjualan yang harus dikurangi agar terhindar dari kerugian yang besar.

3. Mengetahui perubahan tentang harga penjualan, biaya Produksi dan volume jual

Jika Anda teliti menghitung BEP, maka secara tidak langsung ketika harga jual berubah maka segera dapat menyesuaikannya dengan biaya produksi dan volume penjualan. Bisa saja Anda tetap memproduksi barang seperti biasanya, namun mengurangi penjualan untuk menghindari rugi atau sebaliknya. Menambah biaya produksi dan volume jual ketika daya beli konsumen meningkat juga merupakan salah satu manfaat mengetahui BEP.

Itulah penjelasan tentang cara menghitung BEP dan manfaatnya untuk bisnis. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Cara dan Contoh Pembukuan Penjualan Bagi Bisnis Kecil

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.