10 Aneka Gorengan Unik untuk Dijual dengan Profit Menjanjikan

Aneka gorengan unik berikut tergolong masih jarang ditemukan di Indonesia dan menjanjikan jika dijadikan bisnis untuk dijual dengan profit yang menguntungkan. Penasaran apa saja? Simak artikel berikut.

Bukan rahasia lagi kalau gorengan telah menjadi salah satu makanan yang disukai masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, tidak sedikit pula yang berlomba-lomba untuk membuat aneka gorengan unik yang dijual dan dijadikan peluang usaha yang menjanjikan.

Modal awal untuk memulai usaha gorengan juga tidak harus merogoh kocek yang dalam. Selain itu, resep untuk membuat gorengan cukup mudah dan tidak membutuhkan skill masak yang tinggi.

Nah, jika Anda ingin membuka usaha gorengan yang anti-mainstream, berikut adalah beberapa aneka gorengan unik untuk dijual yang bisa Anda coba.

Rekomendasi Aneka Gorengan Unik Khas Nusantara

1. Pisang Nugget

Sumber: DetikFood.com

Rekomendasi gorengan unik yang pertama adalah pisang nugget. Jenis gorengan yang sempat viral pada tahun 2017 ini masih hits dan digemari hingga sekarang. Berbeda dari pisang goreng tradisional pada umumnya, pisang nugget telah menjadi salah satu teman ngemil yang enak. 

Variasi pisang goreng yang satu ini terletak pada ciri khas penggunaan tepung panir atau tepung roti. Ditambah dengan adonan nugget yang dibuat dari pisang yang dilumatkan dan dicampur. 

Topping-nya juga beragam, Anda bisa mulai dari yang sederhana seperti selai cokelat dan keju. Sampai sekarang, gorengan unik yang satu ini sudah menggunakan topping kekinian seperti nutella, ovomaltine, matcha, taro, oreo, dan lain-lain.

2. Basreng

Sumber: iNews.com

Sunda memiliki cemilan khas yang disebut dengan basreng atau bakso goreng. Gorengan unik ini memiliki memiliki tekstur yang mirip dengan kerupuk dan disajikan dengan rasa pedas.

Namun, basreng kekinian sudah memiliki banyak varian rasa yang ditawarkan. Bagi Anda yang ingin membuat salah satu dari aneka gorengan unik ini untuk dijual, Anda bisa memilih basreng rasa balado, keju, hingga karedok.

3. Steak Tempe

Sumber: Barisdepan.com

Tempe adalah olahan kedelai yang difermentasi dan makanan ini sudah biasa ditemukan baik sebagai jajanan atau pelengkap menu makan. Saat ini, sudah banyak pecinta kuliner yang menginovasikan tempe menjadi berbagai olahan

Salah satu inovasi tempe yang saat ini viral adalah steak tempe. Bahan untuk membuat steak tempe juga cukup sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan tempe, jamur tiram, tepung terigu, tepung roti dan telur ayam. Untuk sausnya, Anda bisa menggunakan brown sauce hingga mushroom sauce

4. Es Krim Goreng

Sumber: Cookist.com

Umumnya, es krim adalah sebuah makanan beku yang dibuat dari produk susu seperti krim, lalu dicampur dengan perasa dan pemanis buatan ataupun alami. Makan es krim juga akan lebih nikmat ketika disantap saat cuaca panas.

Namun, apakah Anda pernah mendengar es krim goreng? Es krim yang kini tengah viral ini bisa bisa menjadi ide bisnis menarik bagi Anda dengan menggunakan berbagai bahan murah meriah. 

Es krim goreng bukanlah es krim yang langsung digoreng dalam minyak panas, melainkan es krim yang dilapisi dengan roti tawar dahulu baru digoreng. Salah satu aneka gorengan unik ini memiliki rasa yang lebih unik karena kulitnya yang gurih dipadukan dengan isi es krim yang dingin dan lembut.

5. Sempol Ayam

Sumber: CaraMembuat.id

Sempol ayam merupakan salah satu gorengan unik yang terbuat dari bahan utama daging ayam, tepung tapioka, dan beberapa bumbu dapur. Biasanya, sempol ayam disajikan bersama dengan saus sambal.

Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menyiapkan daging ayam yang dihaluskan dan dicampur dengan adonan dibentuk bulat panjang. Lalu, daging ayam yang sudah dicampur adonan tersebut dicelupkan telur dan digoreng. 

Baca Juga: Contoh Marketing Plan Restoran dan Cara Membuatnya

Rekomendasi Aneka Gorengan Unik Khas Luar Negeri

6. Falafel

Sumber: Delish.com

Falafel merupakan salah satu aneka gorengan unik khas Timur Tengah yang diolah dari chickpeas atau fava bean, bumbu-bumbu, serta rempah. Bahan-bahan tersebut lantas dicampur untuk dijadikan adonan, lalu dipadatkan hingga berbentuk bulat dengan ukuran kecil, kemudian digoreng ataupun dipanggang.

Sekarang ini, falafel sering dinikmati dengan dibungkus lafa atau roti lapis pita. Falafel juga diberi taburan acar atau sayuran segar kemudian dilapisi dengan saus tahini, pasta hummus, atau saus yogurt rasa bawang putih yang pedas. 

7. Twigim 

Sumber: Pinterest.com

Twigim merupakan gorengan khas Korea Selatan yang sangat populer. Seperti gorengan dari negara lainnya, Twigim menggunakan berbagai macam bahan dasar yang dibalut dengan tepung kemudian digoreng hingga renyah.

Bahan utama yang biasa digunakan adalah sayuran, cumi-cumi, cabai hijau, hingga mandu (pangsit). Twigim biasanya disantap dengan racikan kecap asin yang membuatnya semakin lezat.

8. Kakiage 

Sumber: Hyattrestaurants.com

Kakiage merupakan varian dari tempura atau gorengan Jepang. Umumnya gorengan ini dibuat dari sayuran yang diiris tipis misalnya bawang bombay, wortel, ubi, dan akar teratai. Tidak heran banyak orang Indonesia yang menyebutnya sebagai bakwan Jepang.

Kakiage biasanya disantap dengan saus shoyu untuk menambahkan rasa gurih dan manis. Untuk membuat kakiage juga sederhana, Anda hanya perlu mencampur Irisan aneka sayuran dengan adonan tepung tempura, kemudian digoreng dalam minyak panas dan banyak.

9. Mutabbaq

Sumber: Freepic.com

Aneka gorengan unik untuk dijual selanjutnya adalah mutabbaq. Makanan khas Timur Tengah ini biasa dikenal di Indonesia dengan nama Martabak. Di indonesia sendiri varian dari mutabbaq bercita rasa manis dan asin. 

Mutabbaq manis biasanya berisi keju, cokelat, atau bahan manis lainnya, sedangkan mutabbaq asin terbuat dari campuran telur dan isi daging. Mutabbaq asin cocok dinikmati bersama dengan acar atau saus, sedangkan mutabbaq manis biasanya diberi tambahan susu.

10. Tempura

Sumber: Cookpedia.com

Tempura adalah gorengan khas Jepang yang dimasak menggunakan teknik goreng dengan minyak panas. Tempura biasanya disajikan sebagai camilan renyah dan makanan pendamping menu utama, seperti ramen, udon, dan sushi. 

Ada beberapa jenis tempura yang bisa dijadikan ide bisnis, yaitu tempura udang, tempura sushi, tempura sayuran, dan tempura ayam. Meski menggunakan bahan berbeda, aneka tempura itu dibuat dari satu adonan tepung yang sama. 

Nah, bila Anda ingin membuat bisnis gorengan unik yang tidak membosankan, tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu dari aneka gorengan unik yang sudah disebutkan di atas.

Baca Juga: 7 Aplikasi Jualan Makanan Online Terbaik untuk Bisnis Kuliner

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.