Contoh Marketing Plan Restoran dan Cara Membuatnya

Untuk memajukan bisnis kuliner atau restoran agar semakin berkembang, contoh marketing plan restoran bisa dijadikan sebagai referensi. Marketing plan sangat diperlukan sebagai strategi utama menjalankan usaha agar penjualan tetap stabil.

Setiap jenis bisnis apapun, termasuk di bidang makanan, harus dilakukan secara terstruktur agar pelaksanaannya lebih jelas dan terarah. Salah satunya adalah dengan membuat marketing plan atau perencanaan pemasaran untuk bisnis.

Meskipun perencanaan pemasaran tidak dapat 100% menjamin kesuksesan sebuah usaha, namun komponen ini dapat memperkecil risiko kegagalan Anda. Berikut adalah ulasan rinci terkait contoh marketing plan restoran beserta cara membuatnya.

Apa Itu Marketing Plan

apa itu marketing plan
Sumber: Top Business Market

Pada dasarnya, marketing plan atau rencana pemasaran ialah segala proses manajemen untuk mencapai tujuan pemasaran suatu usaha. Untuk itu, dibuatlah serangkaian struktur, langkah, proses sistematis, hingga koordinasi terkait strategi pemasaran.

Karena berhubungan dengan pemasaran, maka marketing plan sangat erat kaitannya dengan sumber daya manusia untuk membangun komunikasi dengan konsumen. Dengan demikian, target pelanggan merupakan komponen utama lainnya dari rencana pemasaran.

Selain itu, sebuah marketing plan yang baik juga harus memuat rencana kegiatan pemasaran secara rinci dan detail dari segala aspek. Termasuk di antaranya rencana cadangan jika terjadi kondisi tidak terduga.

Baca Juga: 6 Tips Memiliki Restoran yang Ramai Pembeli

Tujuan Dibuatnya Marketing Plan untuk Bisnis Kuliner

tujuan dibuatnya marketing plan untuk bisnis kuliner
Sumber: Rockwayuppercrust

Suatu contoh marketing plan restoran yang baik harus mampu memenuhi tujuan-tujuan atau target marketing tersebut. Target setiap bisnis kuliner bisa berbeda-beda, namun secara umum, berikut tujuan utama dibuatnya plan pemasaran:

1. Mengetahui informasi pasar

Salah satu tahapan menyusun marketing plan adalah dengan mengetahui target pasar serta ekosistem kompetisi di pasaran. Dengan mengidentifikasi target pasar serta kompetitor, Anda dapat menemukan inovasi atau ciri khas pembeda.

2. Membangun relasi

Tujuan selanjutnya adalah membangun relasi, entah itu relasi bisnis bersama partner atau relasi bersama pelanggan. Untuk membangun relasi, dibutuhkan sistem komunikasi yang baik, misalnya melalui kerja sama hingga melalui promosi.

3. Meningkatkan keuntungan

Tujuan paling utama tentunya adalah untuk meningkatkan keuntungan dengan cara efektif dan efisien. Dengan marketing plan, Anda bisa menentukan langkah strategis apa saja yang dapat menjadi sumber peningkatan keuntungan bisnis.

Contoh Marketing Plan Restoran serta Cara Membuatnya

Untuk mengetahui seperti apa perencanaan pemasaran yang baik, Anda perlu mempraktikkan langsung cara membuatnya. Berikut ini adalah contoh dari marketing plan restoran serta panduan lengkap step by step terkait cara membuatnya.

Cara Membuat Marketing Plan untuk Bisnis Kuliner atau Restoran

cara membuat marketing plan untuk restoran
Sumber: Toast

Untuk membuat rencana pemasaran yang baik, setidaknya diperlukan komponen utama meliputi perencanaan dan identifikasi strategi. Berikut langkah-langkah cara membuat rencana pemasaran usaha kuliner atau restoran:

1. Tetapkan tujuan terukur

Contoh marketing plan restoran yang baik pasti memiliki tujuan yang pasti dan terukur. Misalnya, berapa target jumlah pengikut di media sosial, atau berapa target pesanan atau pelanggan minimal per harinya.

2. Identifikasi target pasar

Kunci utama suksesnya bisnis kuliner diantaranya yaitu, kenali target pelanggan ideal Anda. Identifikasi pula profil rincinya sebagai representasi, yang meliputi informasi demografis seperti usia, jenis kelamin, hingga preferensi waktu berkunjung.

3. Lakukan evaluasi SWOT

SWOT adalah singkatan dari empat elemen utama dalam analisis perencanaan strategis, meliputi Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat. Dengan ini, Anda bisa menganalisis apa saja kekuatan maupun kelemahan dari bisnis Anda.

Selain itu, Anda bisa melihat peluang apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan keuntungan. Terakhir, Anda bisa juga menganalisis kemungkinan ancaman dari luar, misalnya produk atau restoran dari usaha pesaing.

4. Kembangkan strategi pemasaran

Berikutnya, contoh marketing plan restoran yang baik tentu harus memiliki strategi pemasaran yang baik pula. Bisa melalui pemasaran di media sosial, email, pemberian promo-promo menarik, hingga membuat program loyalitas pelanggan.

5. Rencanakan anggaran

Langkah terakhir, Anda harus membuat rencana biaya atau rincian anggaran yang akan diinvestasikan untuk melakukan pemasaran. Persentasenya fleksibel dan bisa disesuaikan, tergantung pada kebutuhan serta kondisi keuangan usaha kuliner Anda.

Contoh Marketing Plan Restoran

contoh marketing plan restoran
Sumber: Upserve

Ada banyak contoh format pembuatan rencana pemasaran yang bisa dilihat dari berbagai sumber di internet. Berikut ini adalah contoh dari marketing plan restoran seafood sebagai referensi.

1. Konsep, Tujuan, Target Pasar

Konsep: Restoran seafood berkonsep casual dining dengan harga menengah ke atas, suasana santai dan ramah, serta menu didominasi oleh makanan Indonesia dan fusion.

Tujuan: Membuat restoran seafood berkonsep casual dining berkualitas mendekati fine dining, dengan harga sedikit di atas rata-rata namun tetap terjangkau dan nyaman.

Target pelanggan: Kelas sosial menengah ke atas.

2. Contoh Marketing Plan Restoran Evaluasi SWOT

Strength: Suasana nyaman, harga menu terjangkau, pilihan menu bervariasi.

Weakness: Modal terbatas.

Opportunity: Menawarkan layanan delivery, drive-through, serta take-out.

Threat: Harga bahan baku seafood cukup mahal, biaya sewa tempat bertambah tinggi, terdapat restoran pesaing.

3. Strategi Pemasaran

Membuat media sosial dengan target sebagai berikut:

  • Membuat media sosial Facebook dan Instagram, target 1000 pengikut dalam sebulan.
  • Membuat konten interaktif minimal 2 kali seminggu.
  • Membuat konten bertema promosi minimal 5 kali seminggu.
  • Target engagement konten minimal mencapai 200 akun per postingan per minggu,

Membuat promosi secara teratur, dengan rincian sebagai berikut:

  • Diskon 10% untuk pasangan di hari Valentine.
  • Diskon 15% untuk menu khusus di akhir pekan.

4. Anggaran

Anggaran yang direncanakan untuk pelaksanaan promosi dan pemasaran adalah sebesar 15% dari anggaran total.

Rencana pemasaran tersebut merupakan contoh singkat secara umum, masih bisa di detailkan lagi sesuai kebutuhan usaha Anda. Sebagai referensi lanjutan, Anda bisa mempelajari contoh marketing plan restoran lain yang lebih rinci.

Baca Juga: 10 Template Respon Review untuk Pelanggan Restoran Anda

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.