Contoh Flyer Promosi untuk Bisnis F&B dan 10 Tips Membuatnya

Flyer adalah salah satu media promosi yang hingga saat ini masih digunakan oleh berbagai macam perusahaan untuk suatu produk. Jika Anda ingin mempromosikan suatu produk menggunakan flyer, artikel berikut bisa menjadi panduan.

Memasarkan suatu produk menggunakan flyer merupakan salah satu media promosi yang efektif hingga saat ini. Jika Anda ingin menarik pelanggan dengan menggunakan flyer, artikel ini akan memberikan Anda tips dan contoh membuat flyer yang bisa dijadikan panduan.

Kenapa flyer disebut efektif untuk menarik pelanggan? Flyer pada umumnya, berisikan informasi pendek mengenai produk atau jasa yang dipromosikan. Selain itu, flyer pada saat ini memiliki desain menarik yang memang ditujukan untuk membuat calon pembeli tertarik pada produk Anda.

Oleh karena itu, Anda harus membuat flyer yang menarik dan eye-catching agar memikat perhatian konsumen dan promosi produk Anda sukses. Lantas, bagaimana cara membuat flyer yang menarik? Artikel berikut akan memberikan tips dan contoh flyer untuk Anda yang memiliki bisnis F&B

Hal Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Flyer untuk Promosi Bisnis F&B

Sumber: SBSprint.com

1. Gunakan Kombinasi Warna yang Unik dan Relevan Bisnis Anda

Dalam sebuah desain, warna memiliki fungsi untuk menarik perhatian konsumen. Warna merupakan aspek yang paling mudah diingat ketika melihat suatu hal baru. Agar flyer Anda tidak monoton, Anda bisa menggunakan kombinasi warna yang serasi dan tidak bertabrakan.

Untuk bisnis F&B, Anda bisa menggunakan warna-warna yang cerah sesuai dengan produk yang akan Anda promosikan. Namun, Anda juga bisa menggunakan warna-warna lembut jika relevan dengan brand Anda. 

2. Tunjukan Identitas Brand

Jangan lupa untuk menyertakan identitas brand seperti nama, tagline, logo atau maskot dari brand Anda sendiri. Hal ini dilakukan agar konsumen mudah mengenali brand Anda. Jika brand Anda sudah terkenal, besar kemungkinan bagi konsumen untuk mengetahui isi flyer yang Anda buat.

3. Gunakan Gambar dari Produk yang Dipromosikan

Jika Anda membuat flyer untuk mempromosikan suatu produk, pastikan untuk menyisipkan gambar dari produk tersebut. Hal ini dilakukan agar konsumen paham produk apa yang ingin Anda tonjolkan pada flyer tersebut.

Bagi Anda yang ingin mempromosikan menu makanan baru, sisipkanlah gambar makanan yang dapat meningkatkan selera makan pembaca. Anda bisa melihat referensi food photography dari berbagai sumber untuk menciptakan foto makanan yang segar dan profesional.

4. Tulis Judul yang Menarik

Fungsi judul dalam suatu bacaan antara lain adalah untuk menarik perhatian pembaca, menggambarkan isi bacaan, hingga memicu pembaca untuk membaca isi karangan tersebut. Hal ini juga berlaku dalam media promosi, salah satunya adalah flyer.

Hal ini dikarenakan konsumen akan melihat judul flyer terlebih dahulu sebelum membaca seluruh isinya. Jadi, tidak heran kalau judul selalu menggunakan huruf berukuran paling besar dibandingkan tulisan lainnya.

Jika judul flyer Anda menarik, konsumen tentu akan tertarik untuk membaca isi dari flyer tersebut. Pilihlah kata-kata yang dapat dengan cepat meraih perhatian orang dan to the point tanpa bertele-tele.

5. Perhatikan Tata Layout

Layout memiliki peranan dalam membuat tampilan menjadi komunikatif dan pesan bisa disampaikan secara efektif. Oleh karena itu, unsur ini tidak boleh Anda remehkan. Anda harus memperhatikan penataan elemen gambar dan teks dalam flyer.

6. Pemilihan Font

Ada banyak pilihan font yang dapat membuat flyer Anda semakin menarik dan tidak monoton. Faktanya, setiap jenis font memiliki kekuatan untuk mewakili bisnis dengan cara yang berbeda-beda.

7. Informasi yang Disampaikan

Isi konten dalam flyer lebih mengarah pada informasi-informasi yang akan Anda sampaikan. Anda harus mencantumkan segala informasi secara ringkas seperti kualitas produk, informasi harga produk, dan lain-lain.

8. Sisipkan Testimoni dari Konsumen

Menyisipkan testimoni dalam flyer Anda akan membuat konsumen lebih nyaman dan meningkatkan kepercayaan terhadap brand Anda. Ini adalah salah satu alasan mengapa review sangat penting bagi bisnis.

9. Call to Action (CTA)

Call to action adalah sebuah kalimat atau kata ajakan yang membuat calon pelanggan melakukan perintah yang Anda inginkan. Adapun perintah tersebut bisa berupa ajakan untuk mengikuti media sosial usaha Anda, membagikan flyer, hingga untuk melakukan pembelian produk.

10. Menggunakan Figur yang Terkenal

Tips terakhir, Anda bisa menggunakan foto tokoh yang menarik pada flyer tersebut. Jika Anda sudah memiliki brand ambassador, Anda bisa memberikan mereka tugas untuk mengambil foto dengan produk yang akan dipromosikan. Lalu, sisipkan foto tersebut ke dalam flyer Anda.

Baca Juga: 5 Contoh Media Promosi Makanan yang Bisa Dipilih

Contoh Flyer Promosi Makanan

Seperti yang sudah disebut di awal, artikel ini akan memberikan beberapa contoh flyer yang bisa Anda jadikan referensi untuk mempromosikan bisnis F&B Anda.

Sumber: Freepik.com

Sumber: Coreldrawdesign.com

Sumber: Dribble.com
Sumber: Paramounthotelsibu.com
Sumber: UpLabs.com

Itulah contoh dan tips membuat flyer yang bisa Anda jadikan referensi untuk mempromosikan produk Anda. Tidak hanya untuk bisnis F&B contoh flyer di atas tentu dapat Anda jadikan inspirasi dan ide segar bagi bisnis Anda.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Membuat Poster Makanan untuk PC dan Smartphone

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.