Apa Itu Virtual Account? Simak Penjelasan Lengkapnya Di Artikel Berikut

Virtual account merupakan salah satu metode pembayaran digital yang saat ini sering digunakan untuk melakukan pembayaran. Apa yang membuatnya menjadi pilihan para pelaku bisnis saat ini? Simak artikel berikut.

Apa itu virtual account? Di era yang serba digital seperti saat ini, Anda mungkin pernah mendengar mengenainya. Virtual account ini merupakan sebuah metode pembayaran yang  otomatis lewat akun yang dibuat khusus untuk tiap penggunanya.

Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis atau usaha, penting untuk menawarkan metode pembayaran menggunakan virtual account kepada pelanggan. Menggunakan virtual account akan memudahkan untuk melakukan pembayaran.

Lantas, bagaimanakah cara kerja virtual account? Apa bedanya dengan rekening biasa? Simak selengkapnya di artikel berikut

Apa Itu Virtual Account?

Sumber: Dailyscrawl.com

Mengutip dari berbagai sumber, virtual account adalah akun atau rekening bank yang dibuat secara virtual. Umumnya berbentuk kombinasi angka unik yang di-generate secara otomatis. Nantinya, nomor tersebut memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran online yang hanya dapat digunakan sendiri.

Saat ini, sudah ada banyak bank yang memiliki virtual account agar para nasabah dapat bertransaksi secara online dengan mudah. Nomor virtual account bervariasi sesuai bank pengguna masing-masing. Ada yang berbentuk campuran angka unik atau kombinasi huruf dan angka. 

Di Indonesia, terdapat dua jenis virtual account, yaitu: 

  1. Fixed virtual account: Jenis virtual account yang nomor identifikasinya dapat ditentukan oleh pelanggan dan tidak mengalami perubahan untuk setiap transaksi. Contohnya dapat ditemukan pada layanan e-wallet yang menggunakan nomor ponsel pengguna sebagai nomor identifikasi. 
  2. Non-fixed virtual account: Jenis virtual account yang nomor identifikasinya berubah secara dinamis untuk setiap transaksi. Contohnya dapat ditemukan pada layanan e-commerce.

Perbedaan Virtual Account dengan Transfer Manual

Sumber: Tap2pay.com

Lantas, adakah perbedaan antara virtual account dengan transfer manual? Ada empat perbedaan mendasar antara kedua metode pembayaran ini. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

1. Nasabah

Perbedaan yang pertama adalah nasabah. Biasanya, bank rekening virtual account hanya bisa dimiliki oleh nasabah yang memiliki rekening perusahaan, organisasi, atau usaha. Sementara transfer bank dapat digunakan oleh nasabah perorangan maupun bisnis.

2. Biaya Transaksi

Selanjutnya adalah biaya transaksi. Transaksi menggunakan virtual account biasanya tidak dikenakan administrasi. Sementara transaksi transfer bank akan dikenakan biaya jika dilakukan dari rekening bank berbeda.

3. Rekening

Berbeda dengan transfer bank yang bersifat tetap, nomor rekening virtual account bersifat sementara dengan nomor identifikasi pelanggan yang bisa berubah untuk setiap transaksi. Virtual account juga baru bisa menjadi rekening tujuan bila ada tagihan yang harus dibayar. 

4. Metode Transaksi

Metode virtual account biasanya tidak memerlukan konfirmasi setelah pelanggan menyelesaikan transaksi, sebab metode ini dapat mengenali transaksi sesuai dengan tagihan. Sementara metode transfer antar bank harus mengirimkan foto bukti transaksi untuk konfirmasi pembayaran.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis yang Laku Setiap Hari, Dijamin Untung Besar

Cara Kerja Virtual Account

Sumber: Fatoria.io

Virtual account memudahkan pembeli maupun penjual untuk melakukan transaksi secara cepat dan mudah. Lantas, bagaimanakah cara kerja virtual account? Simak penjelasan berikut:

  1. Penjual memberikan nomor ID sebagai nomor tujuan transfer kepada pembeli
  2. Setiap nomor virtual account akan langsung terkait dengan pembeli
  3. Setelah pembayaran diterima, informasi transaksi akan dikirim ke penjual sehingga penjual dapat langsung mengidentifikasi siapa pembeli yang sudah melakukan pembayaran

Sangat simpel, bukan?

Keuntungan Transaksi dengan Virtual Account

Sumber: Searchenginejournal.com

Metode pembayaran virtual account memungkinkan penjual maupun pelanggan untuk melakukan transaksi secara praktis karena datanya akan tercatat secara otomatis. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa keuntungan melakukan transaksi dengan virtual account:

1. Konfirmasi Pembayaran Otomatis

Setiap pembayaran yang masuk ke virtual account akan dideteksi secara otomatis oleh sistem. Hal ini berbeda dengan transfer bank dimana Anda harus melakukan konfirmasi secara manual seperti dengan upload foto atau bukti transaksi ke aplikasi e-commerce

2. Pembayaran yang Lebih Praktis

Transaksi melalui virtual account akan otomatis tercatat pada pembukuan atau rekeningmu. Tanpa harus tracing siapa yang melakukan pembayaran, nomor unik yang kamu gunakan sudah dipastikan mencatat bahwa kamu yang melakukan pembayaran. Pesanan atau belanjaan online-mu tersebut dapat segera diproses.

3. Mempermudah Kegiatan Transaksi

Sebelumnya, nasabah harus meminjam rekening orang lain jika akun rekening mereka berbeda dengan milik penjual. Hal tersebut dilakukan guna menghindari biaya admin. Namun, virtual account memungkinkan pembeli untuk melakukan pembayaran dari bank manapun tanpa biaya tambahan. 

4. Riwayat Transaksi yang Rinci

Bank yang sudah menyediakan layanan virtual account biasanya akan memuat transaksi secara real-time. Nomor dan nama Virtual Account, Bank, dan nominal yang dibayarkan bisa di-download dalam bentuk laporan.

5. Lebih Aman

Terakhir, melakukan pembayaran menggunakan virtual account lebih aman dibandingkan dengan transaksi manual. Hal ini dikarenakan virtual account memiliki nomor rekening yang unik. Bisa diatur jadwal kadaluarsanya sesuai kebutuhan pebisnis. Hal ini dapat mencegah penyalahgunaan nomor akun oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Nah, itu dia penjelasan mendasar mengenai virtual account yang harus Anda ketahui. Secara sederhana, penggunaan virtual account jauh lebih efektif dan meminimalisir resiko hilangnya bukti. Anda hanya perlu koneksi internet yang memadai, dan transaksi dapat dilakukan di mana saja.

Baca Juga: Pengertian dan 6 Strategi Jitu Membangun Customer Engagement Lewat Media Sosial

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.