Split Payment: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Split payment adalah bentuk pembayaran yang terpisah dengan melibatkan penggunaan sejumlah sumber pembayaran untuk menyelesaikan satu transaksi.

Split payment adalah salah satu cara pembayaran yang cukup populer belakangan ini. Cara ini sangat mudah ditemukan dalam e-commerce serta platform lain yang memfasilitasi pembayaran digital. 

Split payment ini merupakan hasil inovasi dari para pelaku keuangan yang ingin menghadirkan cara pembayaran yang praktis. Alasannya tentu karena untuk mempermudah masyarakat sekaligus bentuk digitalisasi dalam berbagai sektor. 

Split Payment Adalah Sistem Pembayaran yang Praktis

split payment adalah pembayaran yang praktis
Sumber: Unsplash

Apa yang dimaksud dengan split payment? Untuk mudahnya, split payment ini merupakan pembagian caya bayar memakai lebih dari satu sumber pembayaran.

Split payment juga bisa dianggap sebagai bentuk pembayaran yang terpisah dengan melibatkan penggunaan sejumlah sumber pembayaran untuk menyelesaikan satu transaksi. 

Kalau hendak diartikan per kata, jelas bahwa split payment merupakan pembayaran yang dilakukan secara terpisah. Kalau hendak dianalogikan, ini seperti ketika seseorang makan di suatu tempat makan dengan beberapa teman. 

Karena merupakan acara makan bersama, pastinya tagihan nantinya akan digabung sesuai dengan pesanan yang sudah dinikmati. Akan tetapi para peserta ingin membayarnya sendiri-sendiri. Namun sayangnya, ada beberapa diantaranya yang tidak membawa uang tunai. 

Dibandingkan dengan harus repot untuk saling transfer atau mengumpulkan uang dari masing-masing orang, masalah ini bisa diatasi dengan split payment. Pada intinya, split payment ini merupakan mekanisme yang nyaman dipakai untuk berbagi biaya. 

Dengan demikian, seseorang yang memanfaatkan split payment sudah tidak perlu lagi mengurus pembagian pembayaran yang cenderung repot. Selain itu, dengan split payment ini, pembayaran bisa dilakukan dengan kartu debit, kartu kredit atau e-wallet yang berbeda.

Baca Juga: Kenali Jenis Alat Pembayaran Non Tunai Hingga Manfaatnya

Cara Kerja Split Payment

cara kerja split payment
Sumber: The Small Business Site

Sudah paham dengan split payment bukan? Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara kerja metode pembayaran yang satu ini? Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, split payment merupakan metode pembayaran yang anti ribet apabila sumber dana yang digunakan berbeda.

Adapun cara kerja split payment ini bisa dianalogikan dengan bisnis marketplace. Dalam bisnis marketplace tersebut, ada orang yang membuat pesanan dari beberapa penjual di sana. Demi membuat pelanggan tersebut nyaman dan tidak kerepotan, dia hanya membayar satu kali kali saja. 

Pembayaran tersebut dilakukan untuk total seluruh harga atas barang-barang yang dibelinya dari beberapa penjual sekaligus. Nah, pihak marketplace ini menggunakan sistem split payment dalam memberikan dana yang ditransfer oleh pelanggan kepada penjual yang berbeda tadi. 

Dengan ini, penjual akan memproses pesanan sekaligus mengirimkannya pada pelanggan. Dengan adanya fitur ini, pemilik marketplace bisa menjaga pelanggan sekaligus penjual supaya tetap merasa senang, puas dan nyaman saat berbelanja.

Manfaat Split Payment

manfaat split payment
Sumber: Slope

Dalam contoh di atas, terlihat dengan jelas bahwa manfaat split payment ini bisa dirasakan oleh pembeli. Namun, manfaat split payment sebenarnya juga dapat dinikmati oleh penjual. Kurang lebih manfaat split payment ini sebagai berikut:

Untuk Penjual

  • Membantu menjaga batas limit pembayaran, maksudnya split payment bisa digunakan untuk menjaga supaya penggunaan kartu kredit tidak melebihi batas harian yang sudah ditetapkan
  • Bisa membantu menentukan jumlah uang yang akan dibayarkan terlebih dahulu sekaligus menentukan persentase yang akan ditagihkan setiap bulannya
  • Split payment adalah cara pembayaran yang ideal untuk berbagai platform online yang mencantumkan layanan atau produknya dari pedagang-pedagang serta bisnis yang modelnya berbasis biaya atau komisi
  • Split payment membantu meningkatkan angka penjualan karena kebanyakan pembeli akan lebih mengutamakan toko yang tidak mempersulit siapapun untuk bertransaksi
  • Split payment akan membantu dalam hal pengarsipan sekaligus pembayaran yang sudah dilakukan. Dengan sistem ini, nantinya nominal pembayaran akan langsung muncul serta bisa dimanfaatkan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya salah hitung
  • Bisa membantu menambah reseller atau bahkan distributor

Untuk Pembeli

  • Split payment bisa digunakan untuk menanggung pembayaran bersama atau membagi sumber dana yang dipakai saat melakukan transaksi dengan lebih dari satu orang
  • Mempermudah proses untuk mendapatkan barang yang diinginkan karena sistem split payment yang sangat mempermudah untuk itu
  • Split payment lebih mudah digunakan saat membayar dengan metode dicicil oleh pengguna kartu kredit
  • Lebih mudah mengatur keuangan serta mengalokasikan dana

Contoh Split Payment

contoh split payment
Sumber: Plugg.to

1. Gerai Ritel yang Cabangnya Banyak

Bagi gerai yang sudah punya banyak cabang, split payment dapat membantu untuk melacak setiap pesanan dari berbagai cabang sekaligus menyederhanakannya untuk proses pembukuan. Layanan ini bahkan bisa ditawarkan oleh seorang pemilik restoran atau kedai makanan. 

Layanan ini bisa ditawarkan khususnya untuk pelanggan yang datang berkelompok serta ingin membayar pesanan mereka sendiri-sendiri. Pastinya dalam hal ini pelanggan tersebut masih perlu disosialisasikan dulu mengenai yang disebut split payment. 

2. Marketplace Online

Marketplace juga termasuk hal yang menghubungkan banyak penjual dengan banyak pembeli dan keduanya melakukan transaksi melalui platform ini. Pemilik marketplace tersebut bisa mengarahkan agar pembayaran bisa dilakukan dari pelanggan pada masing-masing penjual. 

Contoh untuk hal ini ialah platform Flipkart dan Amazon. Platform telah memberikan fasilitas untuk banyak penjual agar terhubung dengan pelanggan. 

Kesimpulannya, split payment adalah metode pembayaran yang membuat banyak orang bisa merealisasikan keinginan serta kebutuhannya dengan lebih mudah. Metode pembayaran ini berpotensi membuat sebuah toko online dijadikan pilihan oleh customer yang memerlukan suatu barang karena kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan. 

Baca Juga: Tujuan Penetapan Harga dan Strateginya Pada Bisnis

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.